DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

PELATIHAN TEMATIK PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI DAN PENGENDALIAN OPT PADI BAGI PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN ASAHAN

PHT adalah suatu cara pendekatan tentang pengendalian OPT dengan memadukan semua teknik pengendalian secara optimal yang didasarkan pada pertimbangan ekologi dan ekonomi melalui pengelolaan agroekositem yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.Sementara Pemupukan Hara Spesifik Lokasi (PHSL) merupakan aplikasi rekomendasi pemupukan untuk memudahkan petani menentukan dosis pupuk sesuai dengan kondisi lahan yang dimiliki. Pemupukan spesifik lokasi merupakan teknologi yang sumbernya bisa berasal dari petani atau introduksi dari luar lingkungan petani yang diinternalisasi secara terus menerus sehingga menjadi kreativitas masyarakat tani, memiliki daya adaptasi tinggi dengan kondisi agroekosistem dan social budaya setempat.


Tujuan pelatihan tematik ini adalah peserta pelatihan dapat mengetahui pemupukan padi spesifik lokasi dimana secara umum pengertian pemupukan tanaman spesifik lokasi adalah upaya menyediakan semua hara yang dibutuhkan tanaman agar seimbang dan tanaman tumbuh optimal.Pelatihan tematik ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 19 s/d 20 Mei 2022 yang dilaksanakan langsung di lokasi yakni Kabupaten Asahan di Kecamatan Rawang panca  Desa Rawang Pasar 5. 


Untuk praktek lapangan dilaksanakan di Kecamatan Pulo bandring  Desa Taman sari. Dari kegiatan ini para peserta pelatihan diharapkan mampu melaksanakan strategi penerapan  dan prinsip- prinsip PHT dengan melakukan budidaya tanaman sehat, pemanfaatan dan pelestarian musuh-musuh alami, melakukan pengamatan secara rutin dan membina petani sebagai “pakar” PHT.Dari hasil pelaksanaan pelatihan ini diharapkan para penyuluh dapat membuat suatu rekomendasi pemupukan spesifik lokasi di WKPP nya masing-masing sehingga dapat mengantisipasi mahalnya serta terbatasnya pupuk subsidi saat ini. Selain itu peserta pelatihan diharapkan dapat melaksanakan pengendalian OPT melalui  konsep PHT khusus untuk komoditi padi.
.