Salah satu upaya untuk meningkatkan akses
petani terhadap pasar dan informasi pasar adalah adanya pelayanan informasi
pasar. Dimana peranan pelayanan informasi pasar dalam mendukung pengembangan
pemasaran komoditas pertanian mempunyai peranan sangat strategis yaitu :
( 1) meningkatkan posisi
tawar petani,
( 2) memberikan
masukan penyusunan kebijakan pemasaran komoditas pertanian
( 3) meningkatkan
arus perdagangan antar daerah,
( 4)
memberikan
masukan perencanaan usaha tani.
Perdagangan komoditas pertanian tanaman
pangan dan hortikultura pada era
globalisasi informasi saat ini menuntut transparansi pasar yang sangat kuat yang
membutuhkan efisiensi dibidang produksi dan pemasaran
agar komoditas yang diperdagangkan bisa bersaing di pasar bebas.
Bagaimana dengan
kondisi sumatera utara dalam menghadapi era pasar bebas ini ?
Saat ini skala usaha pertanian tanaman pangan dan
hortikultura di sumatera utara masih relatif rendah, tersebar, dengan kualitas
produk yang beragam. Rantai tata niaga pemasaran masih panjang, sehingga disatu
sisi memberikan tekanan pada konsumen dalam bentuk harga yang tinggi dan
berfluktuasi, di sisi lain tekanan pada produsen dalam bentuk proporsi harga
yang diterima relatif rendah.