DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

Pertemuan Pengembangan Benih Sumber Bagi Penangkar TA. 2021

Dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan. salah satu upaya tersebut adalah mencanangkan kegiatan pengembangaan benih sumber bagi penangkar pada tahun anggaran 2021. untuk tercapainya kedaulatan pangan, prioritas pembangunan pertanian yang harus terwujud adalah tercapainya sasaran produksi padi di provinsi sumatera utara tahun 2021 diperkiran sebesar 4.240,525 ton

Kegiatan pengembangan benih sumber bagi penangkar pada tahun anggaran 2021 merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat mendukung pencapaian sasaran produksi dan merupakan salah satu upaya pemecahan masalah dari aspek perbenihan dengan melakukan pertemuan perbenihan tanaman pangan.

          Dengan melakukan pertemuan perbenihan tanaman pangan dapat membantu memecahkan permasalahan salah satunya adalah penyediaan yang pada saat ini benih varietas unggul belum dapat memenuhi kebutuhan benih secara optimal, baik dari aspek ketepatan  yaitu tepat varietas, mutu, jumlah, waktu, lokasi maupun harga.

Sosialisasi kegiatan perbenihan tanaman pangan ini diharapkan akan menumbuhkan kelompok tani/kelompok penangkar atau gabungan kelompok tani dengan kelompok penangkar yang mampu menyediakan benih untuk memenuhi kebutuhan benih di wilayah masing-masing.

Untuk peningkatan produksi benih padi unggul bermutu besertifikat di provinsi sumatera utara diberikan fasilitasi bantuan kepada penangkar benih padi di 7 kabupaten kota provinsi sumatera utara melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) TA.2021. Pertemuan dilaksanakan di Hotel Sibayak Berastagi 25 – 26 Pebruari 2021

 

.