DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

Panen Raya Padi Sawah Di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardinding Kabupaten Karo

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan di sumatera utara, hal ini dikarenakan ketergantungan kita terhadap kebutuhan pertanian khususnya komoditas pangan strategis masih sangat tinggi. Disamping itu, sektor ini juga merupakan penopang produk domestik regional bruto (PDRB) serta salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan merupakan sektor yang paling besar dalam menyerap tenaga kerja.

Oleh sebab itu, pemerintah provinsi sumatera utara akan terus memperhatikan serta memaksimalkan pengembangan potensi pada sektor pertanian, sehingga mampu menjadi salah satu pengungkit perekonomian di sumatera utara.

Pada pelaksanaan panen raya di daerah kabupaten karo merupakan salah satu lumbung pangan Sumatera utara, dengan luasan pesawahan yang mesti  dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat disana, diantaranya Salahsatu daerah di Kecamatan Mardinding dan Kecamatan Lau Baleng saat ini telah menghasilkan 8 sampai 7 ton gabah per hektare dengan varietas unggul jenis padi Mekongga, Inpari 32 dan Ciherang Rabu 16 Pebruari 2022.