DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

PELATIHAN TEKNIS AGRIBISNIS PADI BAGI PENYULUH PERTANIAN SWADAYA DI KABUPATEN DELI SERDANG TANGGAL 14 S/D 18 JUNI 2022”

Padi  merupakan salah satu komoditas yang sangat strategis di Indonesia, permintaan terhadap beras  yang merupakan produk olahan, akan terus meningkat seiring dengan peningkatan pertumbuhan penduduk mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok .Sejalan dengan Program utama pembangunan Pertanian dalam mewujudkan pembangunan pertanian Indonesia yang Maju,Mandiri dan Modern sejalan dengan hal  tersebut didukung oleh Kepala UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan  Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dimana UPT Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan sebagai salah satu UPT yang memiliki tugas utama melaksanakan pelatihan bagi penyuluh pertanian dan petani juga harus mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang profesional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa  wirausaha. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melaksanakan pelatihan teknis agribisnis padi bagi penyuluh pertanian swadaya di Kabupaten Deli Serdang. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan  agar ke depannya penyuluh pertanian akan mampu memimalisir kehilangan hasil dan mengetahui hal –hal terkait dengan Analisa Usaha Tani. Pelatihan yang telah berlangsung selama 5 (lima ) hari dari tanggal 14 s/d 18 Juni 2022 yang diikuti sebanyak 30 orang peserta. Kegiatan Pelatihan Teknis Agribisnis Padi Bagi Penyuluh Pertanian Swadaya dilaksanakan di Kecamatan Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang. Sekaitan dengan hal tersebut maka melalui fasilitasi anggaran APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022,dengan menghadirkan narasumber Ir. Joko Yulianto Ariantono, M.Si dari BMKG ,Ir.Riantri Barus SP,M.Si, MP dari Universitas Sumatera Utara dan Widyaswara UPT.Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura  Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Kepala UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian mewakili Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura menyampaikan beras merupakan komoditas strategis berperan penting dalam perekonomian dan ketahanan pangan nasional dan yang ketersediaannya sangat dibutuhkan masyarakat sepanjang tahun.Adapun salah satu strategi yang ditempuh dalam meningkatkan produksin padi nasional adalah pemberdayaan petani dan masyarakat dan pengembangan kelembagaan baik  kelembagaan produksi dan penanganan pasca panen dapat di raih. Dengan kegiatan Pelatihan Agribisnis Padi yang sudah dilaksanakan ini diharapkan upaya peningkatan produksi padi meningkat.Adapun Rencana Tindak lanjut Purna widya sudah disepakati untuk menerapkan Pemupukan Padi Spesifik Lokasi. Sementara berdasarkan  hasil Evaluasi  Pasca Pelatihan (Dari perbandingan Hasil Pre Test Dan Post Test), Terdapat Peningkatan Pemahaman Peserta rata-rata 49,70 %.

Dalam sambutannya Kepala UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian mewakili Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan inisiasi para widyaiswara lingkup UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian yang direncanakan akan dilaksanakan setiap minggu pada hari kamis. Webinar ini diharapkan dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan jembatan bagi masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan segala bentuk informasi dibidang pertanian.Peserta webinar kali ini berasal dari kalangan Lembaga/Dinas yang membidangi pertanian, akademisi, penyuluh Kabupaten Kota se Provinsi Sumatera Utara serta peserta dari Provinsi lainnya
.