DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

PELATIHAN TEKNIS AGRIBISNIS CABAI MERAH BAGI PENYULUH PERTANIAN ASN SECARA VIRTUAL (E-LEARNING)

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) pertanian khususnya dalam agribisnis cabai merah, UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara melalui fasilitasi dana APBD TA. 2022 telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Teknis Agribisnis Cabai merah bagi Penyuluh Pertaniansecara virtual (E-Learning). Dimana komoditas Cabai merah( Capsicum annum) merupakan tanaman sayuran yang mempunyai nilai ekonomis tinggi,harga komoditas ini selalu fluktuatif dan sering menyumbangkan inflasi bagi perekonomian nasional.

Secara umum komoditas tanaman cabai merah dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut diatas ,UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas  Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kembali melaksanakan pelatihan Agribisnis Cabai merah secara virtual. Pelatihan yang dilaksanakan  oleh UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara sebagai salahsatu alternatif metode pembelajaran yang lebih praktis dan flexible, pendekatan yang lebih sesuai pengalaman belajar yang menyenangkan, lebih personal mudah di dokumentasikan dan ramah lingkungan, karena bisa mengurangi penggunaan kertas.

Pelatihan Teknis Agribisnis Cabai merah bagi Penyuluh Pertanian secara virtual (E-Learning) dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari yaitu dari tanggal 20 s/d 27Juni 2022. Pelatihan ini diikuti oleh 30 (tigapuluh) orang Penyuluh Pertanian ASN dari 10 (sepuluh) Kabupaten Kawasan sentra produksi Cabai merah di Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi Fasilitator/Tenaga Pelatih dalam kegiatan Pelatihan Agribisnis Cabai merah secara virtual (E- Learning ) kali ini adalah Dr. Juniawan ,SP,M.Si Widyaiswara Ahli Madya BBPP Ketindan Malang  Provinsi JawaTimur ,Muhammad Kahfi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara, Joko YuliantoM.Si dari BMKG Wilayah I Medan , Dr. Siti Maryam Harahap SP.MP dari BPTP Provinsi Sumatera Utara, YuliSagala SP,dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dan Ir. Luki Budiarti dari Gapoktan Mitra Arjuna Batu Malang Provinsi Jawa Timur dan Widyaiswara UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara.Adapun materi yang disampaikan pada E- Learning  kali ini adalah meliputi Persiapan Tanam Cabai merah, pemeliharaan tanam ,panen dan pasca panen cabai merah, pengolahan hasil tanaman cabai merah,Good Agricultural Practices (GAP) dan Analisa Usaha Tani Tanaman Cabai merah. .Adapun materi Pelatihan yang terdiri dari kelompokd asar 6 jam, Kelompok Inti 48 jam dan Kelompok Penunjang 2 jam dengan total keseluruhan 56 jam dan telah terealisasi dengan baik.

Dari hasil evaluasi pembuatan dan presentasi hasil unjuk kerja dinyatakan bahwa peserta sudah terampil dalam perakitan pemupukan spesifik lokasi cabai merah dan pembuatan Petlap/Petunjuk Lapangan . Untuk tindak lanjut Purnawidya ,dilaksanakan pada tahun 2022 dengan menerapkan teknologi “ Pemupukan Spesifik Lokasi Cabai merah” . Berdasarkan perbandingan hasil Pre Test Dan Post Test  terdapat Peningkatan Pemahaman Peserta sebesar 41,30 %. Pelatihan Agribisnis Cabe merah secara virtual (E-Learning) ini dibuka Kepala UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura, mewakili Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi  Sumatera Utara Dalam sambutannya disampaikan bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)merupakan garda terdepan pembangunan pertanian bahkan biasa di juluki sebagai Pejuang Pangan ,oleh karena itu PPL diharapkan dapat bekerja dengan semangat, jujur dan ikhlas dalam mendampingi petani dilapangan agar kemandirian pangan khususnya Cabai merah di Provinsi Sumatera Utara dapat terus dipertahankan.Di samping itu pelatihan Teknis Agribisnis Cabai merah dalam bentukE- Learning bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap) Penyuluh pertanian dalam Agribisnis Cabe merah khususnya.

.