DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

”PELATIHAN TEMATIK PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI DAN PENGENDALIAN OPT PADI BAGI PENYULUH PERTANIAN DI KABUPATEN BATU BARA DARI TANGGAL 26 S/D 27 OKTOBER 2022”

Hama merupakan organisme penginfeksi tanaman yang menimbulkan kerusakan sehingga berdampak pada penurunan hasil pertanian. Penurunan hasil pertanian yang ditimbulkan oleh hama memiliki kisaran yang bervariasi, mulai dari penurunan hasil panen yang tidak terlalu singifikan sampai tahap paling parah, yaitu gagal panen. upaya pengendalian OPT perlu dilakukan untuk mencegah kerugian akibat serangan OPT . Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah : 1.Pengaturan Pola Tanam 2. Pengendalian Secara Fisik dan Mekanik 3. Pengendalian  Hayati  dan 4. Pengendalian Secara Kimiawi. Salah satu solusi untuk peningkatan produktivitas padi adalah dengan melaksanakan percepatan  transfer teknologi kepada para petani dengan melibatkan penyuluh pertanian. Transfer teknologi dapat dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan guna meningkatkan sumber daya manusia pertanian seperti yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Batu Bara. Dalam rangka menuju lumbung pangan dunia 2045, Kementerian Pertanian telah menetapkan empat Arah Kebijakan Pembangunan Pertanian tahun 2020-2024, yang terdiri dari penguatan profesionalisme  SDM petani dan penyuluh, modernisasi pertanian,optimalisasi pemanfaatan sumber daya lahan untuk pangan, dan penguatan daya saing dan ekspor pangan maka melalui fasilitasi anggaran APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022, UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Tematik Pemupukan Spesifik Lokasi Dan Pengendalian OPT Padi Bagi Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Batu Bara dimulai dari tanggal 26  s/d 27  Oktober 2022 dengan menghadirkan narasumber Widyaiswara dari UPT.Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi  Sumatera Utara. Kegiatan Pelatihan Tematik Pemupukan Spesifik Lokasi Dan Pengendalian OPT Bagi Penyuluh Pertanian di Kabupaten Batu Bara ini dibuka oleh Kepala UPT.Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara mewakili Kepala Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara .Dalam sambutan tertulisnya beliau menyatakan  kegiatan pelatihan ini  merupakan salah satu upaya dan solusi  peningkatan produksi dan produktivitas padi dengan melaksanakan percepatan transfer teknologi kepada para penyuluh pertanian, melalui peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Pertanian. Dengan Kegiatan Pelatihan ini diharapkan dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan jembatan bagi masyarakat tani khususnya di Kabupaten Batu Bara ,  untuk mengetahui dan mendapatkan segala bentuk informasi dibidang pertanian.

Peserta Pelatihan Tematik Pemupukan Spesifik Lokasi Dan Pengendalian OPT Padi Bagi Penyuluh Pertanian di Kabupaten Batu Bara  kali ini berasal dari BPP yang ada di Kabupaten Batu Bara berjumlah sebanyak 30 orang  yang telah mengikuti kegiatan Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (IKL) pada tanggal 4 Oktober 2022 melalui Zoom Meeting  dengan syarat yang sudah ditentukan oleh UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura  Provinsi Sumatera Utara Kegiatan Pelatihan ini berlangsung di Kecamatan Air Putih  di Kantor BPP Air Putih Kelurahan Indrasakti  Kabupaten Batu Bara.
.