DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

“E- LEARNING PELATIHAN TEMATIK PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI DAN PENGENDALIAN OPT PADI”

Pemupukan Hara Spesifik Lokasi (PHSL) merupakan aplikasi rekomendasi pemupukan untuk memudahkan petani menentukan dosis pupuk sesuai dengan kondisi lahan yang dimiliki. Pemupukan spesifik lokasi merupakan teknologi yang sumbernya bisa berasal dari petani atau introduksi dari luar lingkungan petani yang diinternalisasi secara terus menerus sehingga menjadi kreativitas masyarakat tani, memiliki daya adaptasi tinggi dengan kondisi agroekosistem dan social budaya setempat. Disamping pemupukan strategi penerapan PHT Padi sangatlah penting dimana prinsip- prinsip PHT Padiantara lain mencakup : Budidaya tanaman sehat, Pemanfaatan musuh alami, pengamatan dan petani ahli/mandiri. Salah satu tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan IP. 


Pelatihan tematik ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 25 s/d 26 April 2022 yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting. Pada pelatihan ini, perdana digunakan aplikasi Sistem Informasi dan Managemen Pelatihan Pertanian (SIMINTA). Aplikasi SIMINTA merupakan aplikasi yang dapat dipergunakan oleh peserta pelatihan untuk melakukan pendaftaran, memperoleh materi, melakukan evaluasi secara online melalui perangkat gadget baik laptop maupun HP android sehingga proses administrasi pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan dengan mudah. 


Dari hasil pelaksanaan pelatihan ini diharapkan para penyuluh dapat membuat suatu rekomendasi pemupukan spesifik lokasi di WKPPnya masing-masing sehingga dapat mengantisipasi mahalnya serta terbatasnya pupuk subsidi saat ini. Selain itu peserta pelatihan diharapkan dapat melaksanakan pengendalian OPT melalui  konsep PHT khusus untuk komoditi padi.
.