DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

PERTEMUAN SOSIALISASI PENERAPAN TEKNOLOGI PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI DI KABUPATEN DAIRI

Pemupukan harus dilaksanakan sesuai dengan kondisi lahan yang akan ditanami, pendekatan pemupukan spesifik lokasi mampu meningkatkan produksi dan efisiensi penggunaan pupuk sehingga pendapatan petani  bertambah. UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera telah melaksanakan pertemuan sosialisasi penerapan teknologi pemupukan spesifik lokasi di 2 (dua) BPP yakni BPP Karing Kecamatan Sumbul Berampu dan BPP Bantun Kerbo Kecamatan LaeParira. Pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2022 dengan menghadirkan narasumber Ir. Anto Nababan,M.Si Widyaiswara Ahli Madya pada UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara dengan judul “Pemupukan Padi Spesifik Lokasi Menguntungkan Petani” Adapun lahan pertanian di Kabupaten Dairi mempunyai tingkat kesuburan tanah dengan status hara berbeda sehingga diperlukan pemupukan secara berimbang dan spesifik lokasi. Dimana efisiensi pemupukan tidak hanya berperan penting dalam meningkatkan produksi dan pendapatan usaha tani padi namun juga terhadap keberlanjutan system produksi , kelestarian lingkungan dan penghematan sumberdaya alam.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Dairi menyampaikan bahwa kegiatan pertemuan ini sangat banyak manfaatnya khususnya untuk petani padi di Kabupaten Dairi dan menambah wawasan bagi para penyuluh yang ada di Kabupaten Dairi, diharapkan pertemuan awal ini dapat berfungsi sebagai media komunikasi dan jembatan bagi masyarakat tani khususnya untuk mengetahui dan mendapatkan segala bentuk informasi dibidang pertanian.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala UPT. Pelatihan Dan Penyuluhan Pertanian, Kepala Seksi Yantek  beserta staf, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Dairi beserta staf dan seluruh Penyuluh Pertanian Kabupaten Dairi.
.