DINAS KETAHANAN PANGAN TANAMAN PANGAN & HORTIKULTURA
PROVINSI SUMATERA UTARA

KEGIATAN WEBINAR PERCEPATAN TRANSFER TEKNOLOGI,PENERAPAN DAN PENGAWALANNYA SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADI

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian berkomitmen untuk tetap melakukan swasembada padi berkelanjutan.  Dalam pencapaian swasembada padi berkelanjutan transfer teknologi merupakan factor penting dalam rangka meningkatkan produktivitas. Pemerintah sebagai regulator perlu peka terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para petani. Peningkatan produktivitas tidak hanya tentang objek pertanian, yaitu benih,lahan,pupuk dan lain sebagainya melainkan juga subjek (pelaku) usaha pertanian yaitu petani. Indonesia harus mencetak petani-petani handal yang mampu meningkatkan hasil produktivitas padi dan menerapkan system pertanian berkelanjutan untuk menuju ketahanan pangan Nasional. Salah satu upaya untuk peningkatan produktivitas padi adalah transfer teknologi yakni proses memindahkan kemampuan, pengetahuan, teknologi dan fasilitas antara pemerintah, dalam hal ini dengan petani.


Sehubungan dengan hal tersebut maka melalui fasilitasi anggaran APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021, UPT. Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan kegiatan Webinar Transformasi Inovasi Pertanian secara virtual (zoom meeting) pada hari Kamis tanggal 21 Oktober 2021 dengan menghadirkan narasumber Musfal.SP.MP Peneliti Madya Pakar Budidaya dan Produksi Tanaman BPTP Sumatera Utara dan Muhammad Juwaini. SP.M.MA Kabid Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Adapun tema yang diusung pada webinar kali ini adalah“Percepatan Transfer Teknologi, Penerapan dan Pengawalannya sebagai Solusi Peningkatan Produktivitas Padi “.


Kepala UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian menyampaikan bahwa transfer teknologi merupakan tanggungjawab seluruh stakeholder terkait sesuai dengan tugas fungsi serta kewenangannya masing-masing baik melalui kegiatan bantuan saprodi, pelatihan penerapan teknologi serta pengawalan dan pendampingan di lapangan. Dengan adanya sinergitas dan kolaborasi antar unsur terkait diharapkan upaya peningkatan produktivitas padi dapat efektif untuk diraih. Untuk dapat melihat kembali acara webinar Percepatan Transfer Teknologi, Penerapan dan Pengawalannya sebagai Solusi Peningkatan Produktivitas Padi maka dapat dilihat melalui link youtube sebagai berikut:
.